Berita Kegiatan Kampus

#

Rektor Unisa Siapkan Strategi Belajar Bahasa Arab.

UNISA, - Rektor Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan, Nurul Iman Hima Amrullah, S.Ag., M.Si., memiliki strategi baru belajar Bahasa Arab. Strategi itu merupakan oleh-oleh dari perjalanannya di Universitas Ummul Qura' Mekkah, sejak 10 - 31 Desember 2023.

Ia menerangkan, perjalanannya di Makkah merupakan undangan dalam program shortcourse yang dilaksanakan Universitas Ummul Qura'  Mekkah. Ia bersama 35 orang dari berbagai kampus dan pondok pesantren di Indonesia mendapat bimbingan langsung dari dosen dan akademisi Ummul Qura' dan Imam Masjid Masjidil Haram Mekkah.

"Awalnya saya mendapat undangan untuk mengikuti program ini. Setelah melengkapi syarat administrasi dan seleksi wawancara, awal Desember kemarin saya ke Mekkah dan mengikuti program ini. Pesertanya 35 orang perwakilan dari kampus dan pondok pesantren di Indonesia," kata Iman, Kamis 4/1/2024 di Unisa Kuningan.

Menurutnya, program itu diisi dengan bimbingan atau pelatihan langsung berupa kuliah dan kunjungan lapangan. Beberapa kajian yang diperdalam antara lain tentang pengajaran Bahasa Arab untuk orang non-Arab, strategi belajar Bahasa Arab, dan keilmuan lain yang berhubungan dengan al-Quran dan syariat Islam. Adapun kunjungan lapangan yaitu mengunjungi lokasi bersejarah di wilayah Mekkah dan Madinah. 

"Selain kuliah di dalam kelas, ada pengajian di Masjidilharam yang dibimbing langsung imam masjid Syaikh Hasan Bukhari setiap selesai Ashar dan Isya, dan kunjungan ke tempat-tempat peradaban Islam di Mekkah dan Madinah," tuturnya.

Menurutnya, strategi belajar Bahasa Arab yang didapatkan selama kegiatan itu sangat tepat bagi warga negara Indonesia, khususnya umat Islam yang ingin belajar dan memperdalam Bahasa Arab. Strategi itu mengutamakan tahapan pembiasaan dalam dua hal yaitu mendengarkan dan berbicara. Adapun tahapan berikutnya adalah penguasaan kosakata, membaca, dan menulis.

"Karena strateginya seperti itu maka selama pelatihan di sana pun tidak ada upaya penerjemahan. Semua kegiatan menggunakan pengantar Bahasa Arab," tuturnya.

Sebagai tindaklanjut program itu, Ia melanjutkan, akan dilaksanakan kerjasama Unisa Kuningan dan Universitas Ummul Qura' Mekkah prihal pembinaan dosen bahasa Arab. Salah satu kegiatannya yaitu ada kuliah atau pertemuan online untuk para dosen Unisa Kuningan, khususnya dosen Bahasa Arab. 

"Insyaallah kedepan ada tindaklanjut kegiatan berupa pertemuan online untuk semua alumni program ini dan para guru dan dosen bahasa Arab di masing-masing lembaga. Pertemuan ini akan dibimbing langsung dosen Ummul Qura' selama beberapa bulan ke depan," pungkasnya. (Humas)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #