Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
Visitasi BAN PT Prodi PAI

Unisa.ac.id – Prodi PAI, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) ditujukan untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Agama Islam yang mampu mengembangkan mutu pendidikan PAI di sekolah dan di madrasah.

Menurut ketua Prodi PAI, Insan Nulyaman. M.Pd.I. Memaparkan Jurusan Pendidikan Agama Islam berada di bawah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) atau Fakultas Agama Islam (FAI) dalam pelaksanaan akreditasi selama tiga hari dari tanggal (13-15/3/2014). Kegiatan Akreditasi Prodi merupakan sarana instrospeksi mutu yang ada di prodi.

“Akreditasi merupakan hal yang sangat penting bagi institusi perguruan tinggi. Ia adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi institusi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dana tau pakar yang memahami hakeka pengelolaan perguruan tinggi melalui proses visitasi.” Kata Insan.

Sedangkan Tim Asesor Akreditasi BAN-PT. Mengungkapkan Visitasi dimaksudkan untuk melengkapi dan meningkatkan kecermatan, keabsahan serta keksesuaian data dan informasi mengenai keadaan dan kinerja serta penilaian lapangan di program studi yang diakreditasi. Dengan demikian, focus visitasi ini adalah untuk verifikasi dan validasi data yang telah dimasukkan dalam barang, serta mempunyai tujuan yang lebih subtansial, yaitu melakukan peilaian langsung secara kualitatif berdasarkan penilaian pakar (expert judgement) oleh Tim Asesor yang ditentukan oleh BAN-PT. (Om)