Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
STAI Al-Ihya Kuningan Menjadi Universitas Islam Al-Ihya

Yayasan Al-Ihya Kuningan yang sudah 27 tahun mengelola Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ihya, kini telah mengembangkan kampus perguruan tinggi tersebut menjadi universitas bernama Unisa singkatan dari Universitas Islam Al-Ihya.

Berdirinya universitas baru di Kabupaten Kuningan itu secara resmi diluncurkan melalui acara launching Unisa Kuningan di Gedung Olah Raga Ewangga, Selasa (10/6/2014) untuk mengawali program-program studinya pada tahun akademik 2014-2015.

Pendirian Unisa Kuningan itu, menurut Ketua Yayasan Al-Ihya Nana Rusdiyana telah didasari dengan izin pendirian resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Berupa Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 95/E/o/214 tanggal 16 Mei 2014.

Sementara, acara peluncuran Unisa Kuningan bertempat di gedung olah raga itu, dilakukan melalui acara seremonial oleh Wakil Bupati Kuningan Acep Purnama.

Acara yang dihadiri ratusan undangan itu, juga disaksikan Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta wilayah II Jawa Barat Banten Abdurrahman, dan unsur koordinasi pimpinan daerah Kabupaten Kuningan.

Ketua Yayasan Al-Ihya Nana Rusyana, menerangkan Unisa Kuningan telah menetapkan mulai tahun akademik 2014-2015 akan membuka dan menyelenggarakan empat fakultas dan sekolah pasca sarjana.

Terdiri atas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan program studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.

Kemudian Fakultas Teknik dengan program pendidikan S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Informatika, dan S1 Teknologi Pangan. Fakultas Kesehatan dengan program pendidikan S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Ilmu Gizi.

Satu lagi Fakultas Agama Islam dengan program studi S1 Pendidikan Agama Islam, S1 Pendidikan Guru Madrasah Iftidaiyah, S1 Perbankan Syariah, S1 Bimbingan dan Konseling Islam, dan S1 Komunikasi Islam.

Sementara itu untuk sekolah pasca sarjana dibuka dua program studi S2 Pendidikan Agama Islam dan S2 Ilmu Pendidikan Dasar Islam.

“Khusus untuk Fakultas Agama Islam, statusnya masih di STAI Al-Ihya. Namun, untuk ke depannya kami pun telah mengusulkan kepada Kementerian Agama untuk mengusulkan kepada Kementerian Pendidikan RI agar Fakultas Agama Islam di STAI Al-Ihya itu pun, masuk dalam bagian fakultas di Unisa Kuningan,” kata Nana Rusyana.

Dengan berdirinya Unisa, maka di Kabupaten Kuningan sekarang telah ada dua universitas swasta. Satu universitas swasta lainnya yang telah lebih dulu berdiri di Kuningan adalah Universitas Kuningan (uniku) di bawah Yayasan Dipati Ewangga.(Nuryaman/A-89)