Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
PEKAN HUMANIORA ISLAM PRODI PGMI STAI AL-IHYA KUNINGAN

Unisa.ac.id : Cigugur – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah STAI Al-Ihya Kuningan telah menggelar “Pekan Humaniora Islam” yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yakni Workshop Menulis, Lomba Menulis Cerpen, dan Bedah Buku. Sabtu dan Minggu (26 s.d. 27/03).

Kerja sama antara pihak program studi dan mahasiswanya; Zaka Vikryan, Laela Nurrohmah Laeli Nurhikmah, Muhamad Ade Kharisma, Muhammad Sofyan, Fauzi Rahmanuddin, Asep Supriatna dan Euis Siti Rohmah membuahkan hasil memuaskan. “Pekan Humaniora Islam adalah salah satu rancangan program berkelanjutan yang akan mengabdikan keberadaannya pada dunia pendidikan, ke-Islam-an, dan kesenian”, tutur Aep Saepudin, M.Pd.I selaku Kaprodi PGMI STAI Al-Ihya Kuningan.

Kegiatan Pekan Humaniora Islam dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, Drs. H. A. Nana Rusyana, M.M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan sangat berapresiasi terhadap kegiatan ini, karena kegiatan yang digelar oleh Prodi PGMI sangat kental dengan keilmuan dan keislamannya. “Pekan Humaniora Islam merupakan suatu rancangan kegiatan yang mujarab untuk menyiasati krisis intelektual dan moral maka saya harap kegiatan ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjuan”, tuturnya dalam menutup sambutan.

Ali Irfan sebagai penulis buku B’Right Teacher terlebih dahulu menjadi narasumber pada Workshop Menulis (26/03) dengan tema “Menulis itu Hebat”. Setelah usai, ba’da dzuhurnya dilanjutkan dengan Lomba Menulis Cerpen, dua kategori (Pelajar dan Mahasiswa se-Kabupaten Kuningan) dengan jumlah peserta tingkat pelajar sekitar 50 orang dan tingkat mahasiswa dengan jumlah peserta sekitar 20 orang.

Dr. H. A. Fenny Rahman Hs, M.Pd selaku Ketua STAI Al-Ihya Kuningan menjadi panelis pada kegiatan bedah buku B’Right Teacher. Beliau membawakannya dengan smart and fun. Kelenturannya mengomunikasikan isi buku B’Right Teacher dengan tidak mengurangi makna yang ada dalam buku itu membuat para peserta bedah buku lebih memahami isinya dan memberikan feedback yang aktif-positif.

Lomba Menulis Cerpen se-Kabupaten Kuningan untuk kategori mahasiswa dimenangkan oleh saudara Irmana, mahasiswa Teknik Informatika Universitas Islam Al-Ihya Kuningan dengan judul “Mbah Sogro”. Juara kedua diraih oleh saudara Ryan Darmansyah Intani dan juara tiga diraih oleh Widhy Soultan A K. Pada Kategori pelajar tingkat SMA/SMK/MA juara pertama diraih oleh saudara Fathiyya Muti’ah Ar-Rasyd (SMA Binaul Ummah) dengan judul “Gadget”, juara kedua diraih oleh Astri Fauniah (MAN Cigugur), dan juara tiga diraih oleh Annisa Faathatun H (SMK Muhammadiyah 2 Kuningan). (om)