Berita Kegiatan Kampus

#

FIK Unisa Gelar Pelatihan Mendeley

UNISA, - Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah menggelar pelatihan Mendeley pada hari Sabtu tanggal 20 Maret 2021. Kegiatan yang berlangsung di Kampus I Unisa Jalan Mayasih No. 11 Cigugur Kuningan tersebut dimulai pukul 13.00 WIB. Hadir pada kegiatan tersebut Dekan FIK Unisa Iim Suryahim, M.Pd.I, Wakil Dekan FIK Unisa Nur Rohmatillah, S.Psi., M.Pd.

“Kami, keluarga besar FIK Unisa menghadirkan Sekretaris Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Pascasarjana Unisa Kuningan Dr. Saepudin, M.Si., M.Pd sebagai narasumber. Sementara itu, untuk peserta, kami batasi hanya 20 orang, khusus dosen di lingkungan Unisa Kuningan,” ujar Dekan FIK Unisa Iim.

Iim menjelaskan bahwa Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi, dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti.

“Pengguna Mendeley perlu menyimpan semua data sitiran dasar di servernya. Pengguna memiliki hak untuk menyimpan salinan dokumen di server Mendeley. Setelah mendaftar, Mendeley menyediakan ruang penyimpanan gratis di web bagi pengguna sebesar 2 GB. Mendeley juga adalah sebuah academic social network, dengan demikian pengguna bisa saling berbagi dengan rekan sesama dosen, mahasiswa, atau peneliti lainnya di penjuru dunia terkait dengan referensi yang digunakan,” paparnya.

Lebih lanjut Iim menerangkan bahwa pengguna juga dapat mencari berbagai penelitian terbaru untuk selanjutnya dapat dijadikan referensi dalam karya ilmiah. Bahkan, pengguna juga bisa menggunakan fasilitas Web Importer di dalam Mendeley, agar dapat mengimpor berbagai macam referensi dari berbagai situs indexing karya ilmiah terkemuka (misalnya Google Scholar) secara otomatis.

“Mendeley merupakan softwere atau piranti lunak yang memiliki keunggulan mengolah database ilmiah berupa e-jounal, e-book dan referensi lainnya dalam format PDF. Fungsi utama mendeley adalah sebagai perpustakaan pribadi yang ditujang oleh fungsi pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya ilmiah”, terangnya.

Menurutnya, mMendeley juga semakin populer karena dapat didownload dan install gratis tanpa berlangganan. Mendeley mengembangkan jejaring sosial akademik sebagai alternatif sosial media yang bermanfaat untuk berbagai referensi secara online dan mencari akademik terbaru sebagai alternatif.

“Semoga dengan diadakannya pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari dosen Unisa Kuningan dapat memanfaatkan dan lebih memahami cara penggunaan Mendeley sehingga berguna dalam hal membuat sitasi dan daftar pustaka untuk keperluan penulisan; mengelola file pdf hasil unduhan dari database jurnal online untuk temu kembali informasi; mendiskusikan artikel setelah diberi catatan oleh pembaca; dan yang lainnya”, pungkasnya.***(HUMAS).

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #