Berita Kegiatan Kampus

#

FKIP Unisa Gelar Sosialisasi Jafung

­

­

­UNISA, - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah menggelar kegiatan sosialisasi Jabatan Fungsional (Jafung) Dosen. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kampus 1 Unisa Jalan Mayasih No. 11 Cigugur Kuningan. Giat yang digelar hari Senin tanggal 12 Oktober 2020 tersebut dimulai sejak pukul 13.00 WIB s.d. selesai dihadiri oleh Warek II Uyu Wahyudin, M.M, Kabag Kepegawaian dan SDM Slamet Hadi Kusumah, S.Pd., MTP, Dekan FKIP Drs. Dudi Komaludin, M.Pd, Wadek FKIP Jajat Imanudin, M.Pd, dan seluruh dosen di lingkungan FKIP Unisa Kunignan.

Dalam kesempatannya membuka acara, Warek II Unisa Uyu menyampaikan Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, maka peran dan tugas pokok dosen telah berkembang dari yang semula lebih ditekankan pada tugas mengajar menjadi pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Perubahan yang bersifat mendasar tersebut menuntut penyesuaian yang bersifat mendasar pula terhadap pemahaman dan persyaratan jabatan akademik dosen. Lebih lanjut, dosen harus mempunyai empat kompetensi dasar, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial,” ujar Uyu.

Lebih lanjut, Uyu menjelaskan sesuai dengan Permen PAN-RB Nomor 17 Tahun 2013, dikatakan bahwa jabatan fungsional dosen yang selanjutnya disebut jabatan akademik dosen adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seseorang dosen dalam suatu satuan pendidikan tinggi yang dalam pelaksanaannya didasarkan pada keahlian tertentu serta bersifat mandiri.

Tugas utama dosen dalam melaksanakan Tridharma perguruan tinggi merupakan satu kesatuan dharma atau kegiatan, karena ketiga dharma tersebut hanya dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan, karena saling terkait dan mendukung satu sama lain. Dharma pendidikan dan pengajaran akan menghasilkan problematik dan konsepkonsep yang dapat menggerakkan penelitian untuk menghasilkan publikasi ilmiah.

“Sebaliknya dari penelitian dan publikasi ilmiah akan memperkaya dan memperbaharui khasanah ilmu untuk digunakan dalam pendidikan dan pengajaran. Hasil penelitian dan publikasi akan menghasilkan bahan pengajaran yang terbaharui terus menerus dan mutakhir,” papar Uyu.

Oleh sebab itu, menurutnya, dosen di Unisa akan didorong untuk produktif dalam menulis sebagai salah satu bentuk tanggung jawab akademiknya. “Tulisan ilmiah juga merupakan salah satu prasyarat bagi dosen dalam memeroleh jabatan fungsional. Kami, tengah menyiapkan dan menyediakan jurnal Unisa dan empat jurnal fakultas, untuk fasilitas publikasi karya-karya dosen Unisa. Kami yakin, dengan semangat perubahan yang tinggi, Unisa akan semakin maju dengan kualitas tenaga pendidik yang mempuni,” ujar Uyu.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #