Berita Kegiatan Kampus

#

Unisa dan Alumni Trisakti Tanam Markisa

UNISA, - Lembaga Kewirausahaan Universitas Islam A-Ihya Kuningan telah melakukan kerjasama dengan Koperasi Alumni Trisakti. Kerjasama tersebut dalam bidang pengelolaan lahan dan budidaya tanaman. Sebagai penanda bahwa kerjasama tersebut telah dilakukan, pihak Unisa yang diwakili oleh Ketua Lembaga Kewirausahaan Unisa Ir. Sofyan Sahori, MP dan rekan-rekan Koperasi Alumni Trisaksi secara seksama menanam bibit markisa dan umbi, (20/09).

Di sela-sela kegiatan menanam, Ir. Sofyan menjelaskan bahwa tanah tersebut merupakan milik Trisakti yang dikelola oleh koperasi alumni. “Luas tanah ini sekitar 2.000 m. Karena ada dua jenis tanaman maka tanah ini akan dibagi peruntukkannya. Kurang lebih 1.000 m untuk markisa dan 1.000 m-nya lagi untuk umbi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ir. Sofyan menyampaikan bahwa pada kegiatan menaman perdana tersebut ada 100 bibit markisa dan 360 bibit umbi yang ditanam. “Tanah milik Trisakti ini sudah bagus, tinggal diolah saja untuk pengairan agar nanti hasil tanamnya bias optimal,” ujarnya.

Setelah kegiatan tersebut, rencana selanjutnya, kata Ir. Sofyan, adalah edukasi kepada petani. Kebanyakan petani justru belajar otodidak lewat pengalaman pribadi dan pengalaman orang lain yang mungkin dari saudara,  teman atau orang tua mereka sendiri. Makanya jika disimak, lebih banyak adalah para petani tradisional yang masih menggunakan pola bercocok tanam.

“Kemarin kita bawa petani ahli. Tugasnya mengedukasi pengelola di TKP. Penting kiranya bagi petani untuk terus belajar mengembangkan diri dalam ilmu budidaya tanaman. Karena pengetahuan akan ilmu budidaya tanaman yang baik yang akan menghantarkan untuk mendapatkan hasil yang baik sehingga kesuksesan sebagai petani menjadi nyata untuk dicapai atau diraih,” ujarnya.

Pengetahuan yang harus dipelajari oleh para petani jangan hanya terfokus pada budidaya saja, petani harus mampu mengembangkan diri dengan mempelajari aspek-aspek lain, misalnya teknik pengolahan tanah, teknik pemupukan, penyiraman, dan masih banyak lagi.

Terakhir, Ir. Sofyan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan menyukseskan kegiatan tersebut. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tim di Unisa Kuningan dan tim Koperasi Alumni Trisakti atas terselenggaranya kerjasama ini. Semoga apa-apa yang tengah diikhtiarkan membuahkan hasil yang maksimal. Untuk tahap selanjutnya akan terus ada koordinasi sampai panen umbi dan markisa,” ujar Ir. Sofyan.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #