Prodi PG-PAUD Unisa Gelar Akreditasi

Berita Kampus

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru PAUD (PG-PAUD) Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan telah menjalani proses akreditasi pada hari Senin dan Selasa (27-28/07). Akreditasi dilaksanakan sebagai penentuan standar mutu dan penilaian suatu lembaga pendidikan (Pendidikan Tingi oleh Badan Areditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT)).

Akreditasi juga dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan menjamin mutu alumni perguruan tinggi sehingga kualitas lulusan antara perguruan tinggi tidak terlalu bervariasi dan sesuai kebutuhan kerja. 

“Akreditasi merupakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal sebagai bagian dari Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Alhamdulillah Prodi PG-PAUD sudah menjalani proses akreditasi. Proses akreditasi dilakukan pada hari Senin s.d. Selasa tanggal 27 s.d. 28 Juli 2020. Hasilnya nanti akan diketahui beberapa hari ke depan.” tutur Kaprodi PG-PAUD Unisa Dedeh Komalasari, M.Pd.

Dedeh menyampaikan akreditasi menentukan bertujuan untuk kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

“Dari 4 program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisa Kuningan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) telah menjalani proses akreditasi dan mendapatkan hasil B sesuai dengan Surat Keputusan Nomor: 3952/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020. Untuk akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan PJKR akan dilakukan dalam waktu dekat setelah PG-PAUD selesai.” tutur Dekan FKIP Euis Nur Istiqomah, M.Pd.

Lebih lanjut Euis menjelaskan bahwa akreditasi sangat diperlukan untuk standar ukuran mutu pendidikan pada suatu lembaga pendidikan perguruan tinggi. Setiap perguruan tinggi harus dapat meningkatkan mutu dan daya saing terhadap lulusannya dan menjamin tentang proses belajar mengajar pada perguruan tinggi tersebut. Akreditasi pun dapat dijadikan sebagai acuan untuk memberikan informasi tentang kesiapan suatu perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan proses belajar mengajar sesuai standarisasi yang diberikan oleh pemerintah.

“Mudah-mudahan seperti halnya PGSD, Prodi PG-PAUD juga mendpat predikat B,” harapnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *