Prodi Ilmu Teknologi Pangan Unisa Raih Peringkat Akreditasi Baik

Berita Kampus

Program Studi Ilmu Teknologi Pangan Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan telah memperoleh hasil Peringkat Akreditasi Baik. Hasil akreditasi tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor: 4266/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/VII/2020 tentang Pemenuhan Syarat Peringkat Akreditasi Program Studi Ilmu Teknologi Pangan Pada Program Sarjana Universitas Islam Al-Ihya Kuningan, Kabupaten Kuningan.

“BAN-PT mengembangkan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) versi 2018, yang secara singkat ditulis IAPS 4.0. Dalam proses akreditasi Prodi  Ilmu Teknologi Pangan Unisa Kuningan menggunakan 9 kriteria yaitu visi, misi, tujuan, dan sarana; tata pamong, tata kelola, dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; serta luaran dan capaian tridharma.” tutur Kaprodi Ilmu Teknologi Pangan, Suci Apsari Pebrianti, S.TP., M.Sc.

Suci menambahkan, IAPS 4.0 berorientasi pada output dan outcome. Pengukuran mutu lebih dititikberatkan pada aspek proses, output dan outcome, sementara instrumen sebelumnya lebih banyak mengukur aspek input.

“Proses akreditasi perguruan tinggi terdiri atas 5 tahap pelaksanaan, yaitu Pengusulan dokumen usulan akreditasi yang diunggah/disampaikan oleh perguruan tinggi; Penerimaan dokumen usulan akreditasi. Pada tahapan ini kelengkapan dokumen akreditasi diperiksa sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan; Proses asesmen kecukupan (AK), yaitu penilaian dokumen usulan akreditasi oleh Tim Asesor.” tutur Dekan Fakultas Teknik Unisa Jaenal Gopur Asmanul Salam, S.Kom., M.Si.

Lebih lanjut Jaenal menjelaskan, tahapan berikutnya adalah Proses asesmen lapangan (AL), yaitu kegiatan visitasi oleh Tim Asesor ke perguruan tinggi untuk memverifikasi fakta dan kondisi lapangan terhadap data/informasi yang disampaikan di dokumen usulan akreditasi; dan Penetapan hasil akreditasi oleh BAN-PT dan penyampaian hasil akreditasi ke perguruan tinggi dan masyarakat.”

Jaenal kemudikan menyampaikan bahwa hasil akreditasi dengan IAPS 4.0 akan dinyatakan dalam bentuk status akreditasi dan peringkat terakreditasi. Status akreditasi: Terakreditasi atau Tidak Terakreditasi; dan Peringkat Terakreditasi: Baik, Baik Sekali, Unggul.

“Di Fakultas Teknik Unisa Kuningan ada 3 program studi, yang sudah dilakukan akreditasi Prodi Teknik Mesin dengan hasil C, sementara untuk Prodi  Ilmu Teknologi Pangan mendapat Peringkat Akreditasi Baik sebagaimana ditetapkan pada SK BAN-PT pertanggal 28 Juli 2020. Tinggal 1 prodi lagi, Teknik Informatika yang sedang disiapkan proses akreditasinya.” tuturnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *