Berita Kampus

Unisa Kuningan Gelar Matrikulasi Program Magister PAI

UNISA, - Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah menggelar matrikulasi. Kegiatan tersebut digelar pada hari Selasa tanggal 29 September 2020 secara daring sejak pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Hadir dalam giat tersebut Rektor Universitas Islam Al-Ihya Kuningan Nurul Iman Hima Amarullah, S.Ag., M.Si, Direktur Pascasarjana PAI H. M. Ali Rahmat, MA, Kaprodi Pascasarjana PAI Dr. Iman Subasman, M.Si.

Dalam sambutannya membuka acara, Rektor Unisa Nurul Iman menerangkan bahwa kegiatan tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang dinyatakan lulus dalam program magister PAI Unisa Kuningan. Matrikulasi berfungsi sebagai media untuk merefresh kembali materi-materi yang mungkin sudah pernah didapatkan dahulu.

“Tentunya ada materi-materi yang perlu diulang kembali atau diulas sebelum memulai perkuliahan. Selain itu, matrikulasi juga dapat dijadikan sebagai media untuk penyamaan persepsi sehingga ketika memulai perkuliahan karena latar belakang akademik mahasiswa baru S2 PAI Unisa berbeda-beda. Dengan begitu, nantinya mahasiswa baru S2 PAI Unisa dapat secara optimal menyerap ilmu-ilmu yang diajarkan saat perkulihan dimulai,” terang Nurul Iman lebih lanjut.

Selanjutnya, Kaprodi Pascasarjana PAI Unisa Iman Subasman menyampaikan kegiatan yang mengusung tema membangun kesadaran kompetitif berbasis kearifan multikultural tersebut bertujuan untuk melakukan penyeragaman paradigm dalam mengikuti proses pendidikan di Program MPAI Unisa. Selain itu, mahasiswa baru mendapatkan akan dibekali pengetahuan teknis pembelajaran, serta pemahaman arah pendidikan MPAI.

“Kegiatan ini dikonsep untuk memberikan pengetahuan dan menumbuhkan pemahaman tentang pembelajaran program MPAI dengan mengkhususkan pada tema multikultural. Beberapa materi yang disampaikan secara singkat dan praktis serta memperbanyak dialog sebagai sebuah pola pengenalan pembelajaran andragogik untuk mahasiswa,” terang Iman Subasman.

Ada pun susunan agenda yang dilaksanakan pada giat matrikulasi tersebut adalah pembukaan kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan bincang materi mengenai Kultur Akademik Program MPAI oleh Dr. Iman Subasman, M.Si; Prospek Lulusan Program MPAI oleh Direktur Program Pascasarjana PAI Unisa Kuningan Dr. Ali Rahmat, M.Pd; Pemberlajaran PAI oleh Dr. Saefudin, M.Pd.

Usai istirahat makan siang dan solat dzuhur, mahasiswa baru S2 PAI Unisa direncanakan akan mengikuti agenda paparan materi tentang Pembelajaran Online (Pengenalan Zoom meeting, Google Meet, dan Google Class) oleh Tim Pusinfo Unisa; dan Stadium General yang mengusung tema Kontribusi Unisa Untuk Pembangunan Kesadaran Multikultural di Masyarakat oleh Ketua Yayasan Al-Ihya Kuningan Dr. H. Barna Subarna, M.Pd.***(HUMAS)

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #