Berita Kegiatan Kampus

#

Prodi PJKR Unisa Kuningan Lakukan Proses Akreditasi

UNISA, - Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah melakukan proses akreditasi. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari secara daring terhitung pada hari Jumat s.d. Sabtu tanggal 25 s.d. 26 September 2020.

Di sela-sela jam istirahat proses akreditasi, Kaprodi PJKR Unisa Deny Solehudin, M,Pd menjelaskan bahwa akreditasi adalah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tataran kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi.

“Akreditasi juga merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna produk program perguruan tinggi untuk memastikan lulusan tersebut layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik. Akreditasi di perguruan tinggi ada dua, yakni akreditasi institusi dan akreditasi program studi. Akreditasi institusi merupakan akreditasi terhadap institusi perguruan tingginya. Sedangkan akreditasi program studi adalah akreditasi yang dilakukan terhadap jurusan yang terdapat di perguruan tinggi,” ujar Deny.

Lebih lanjut, Deny menyampaikan sedikitnya ada dua tujuan luaran dari proses akreditasi, yakni menginformasikan kinerja institusi perguruan tinggi/program studi kepada masyarakat; dan mengetahui kekurangan dalam rangka untuk memperbaiki kinerja.

Terpisah, Dekan FKIP Unisa Euis Nur Istiqomah, M.Pd memaparkan, “akreditasi bertujuan untuk menentukan kelayakan Program Studi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik bidang akademik maupun non akademik untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.” ujar Euis.

Lebih lanjut Euis menjelaskan, masa berlaku status akreditasi dan peringkat terakreditasi Program Studi dan/atau Perguruan Tinggi adalah 5 (lima) tahun. Program Studi dan/atau Perguruan Tinggi yang memperoleh status akreditasi dan peringkat terakreditasi baik atau baik sekali dapat mengajukan akreditasi ulang sebelum masa berlaku akreditasi.

Terakhir, Euis memberikan apresiasi kepada jajaran Prodi PJKR yang telah optimal dalam mempersiapkan serta mengikuti proses akreditasi. “Saya ucapkan terima kasih dan selamat atas akreditasi yang telah dilalui oleh Program Studi PJKR FKIP Unisa Kuningan. Semoga dalam waktu dekat keluar pula hasil akreditasi yang memuaskan sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab (kita) kepada peserta didik.***(HUMAS).

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #