Berita Kegiatan Kampus

#

Unisa Gelar Sosialisasi KKN Skema Covid-19

UNISA, - Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Al-Ihya Kuningan telah menggelar sosialisasi KKN Skema Covid-19 secara daring. Kegiatan yang dilakukan melalui aplikasi Zoom Meething tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 31 Agustus 2021 tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 WB. Hadir secara langsung pada kegiatan tersebut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unisa sekaligus Ketua Panitia KKN Unisa Muhajid Affandi, M.I.Kom.

Kegiatan yang dipandu oleh Sekretaris LPPM Unisa Ika Canda Destiyanti, M.Pd tersebut mula-mula diisi oleh pengarahan umum oleh Ketua Panitia KKN. Menurut Affan, mahasiswa Unisa Kuningan yang akan melaksanakan KKN di tahun 2021 diharapkan tidak hanya mencari data dan mengolahnya saja. Lebih dari itu, diharapkan mahasiswa hadir betul di tengah-tengah masyarakat melakukan pengabdian.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. KKN merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan langsung terjun ke masyarakat. Masyarakat sasaran KKN dapat berupa masyarakat pedesaan, masyarakat perkotaan, sekolah, masyarakat industri, atau kelompok masyarakat lain yang dipandang layak menjadi sasaran KKN.

Namun di masa darurat covid 19 dimana pembatasan sosial berskala kecil maupun menengah dilakukan untuk penghentian penyebaran virus covid 19 maka kegiatan pengabdian yang sejatinya bertatap muka di masyarakat pedesaan harus dilakukan daring. Namun essensinnya tidak berubah untuk memberikan kontribusi kepada masyarat walau dengan via daring.

“Tahun ini kita mengangkat tema ‘Motekar bersama Unisa’. KKN Tematik motekar bersama Unisa di masa darurat pandemi sebagai bukti perwujudan pengabdian mahasiswa Universitas Islam Al Ihya Kuningan dimana walau dalam suasana yang berbeda prioritas utama adalah protokeler kesehatan namun mahasiswa Unisa Kuningan berupaya untuk tetap melakukan pengabdian ke desa,” jelas Affan.

Terakhir, Affan menerangkan, setidaknya ada enam tujuan umum yang diharapkan tercapai pada pelaksanaan program KKN Unisa tahun 2021 yakni mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan, sikap, dan kemampuan mahasiswa dalam memahami kemampuan mengkaji, merumuskan, dan memecahkan masalah berbasis kompetensi, profesional, pragmatis, dan interdisipliner di berbagai bidang.

Tujuan selanjutnya adalam membantu penyelenggaraan program pemerintahan, khususnya dalam bidang agama dan kemasyarakatan dan mengintegrasikan peran serta civitas akademika UNISA Kuningan dengan masyarakat; membangun kemitraan dengan berbagai stakeholder khususnya bidang inovasi potensi desa dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengembangkan potensi desa.

“Kemudian diharapakan program KKN Unisa pun dapat meningkatkan peran dosen dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat; membantu pemerintah dalam program pencegahan stunting di masa Covid-19; dan membantu pemerintah dalam upaya ketahanan keluarga di masa pandemi,” pungkasnya.***(HUMAS)

Share:

Testimoni

Bagaimana mereka bercerita tentang UNISA Kuningan

#

HUBUNGI KAMI

Jika ada pertanyaan anda dapat menghubungi kami melalui WhatsApp dengan cara mengklik tombol Contact US

  • #
  • #
  • #
  • #
  • #